[Pariwisatakabgarut.com] - Pernahkan Anda mengenal nama pantai Puncak Guha? Sebuah pantai yang berada di kawasan Garut Selatan ini, memang tidak seterkenal dengan pantai-pantai lainnya di Kabupaten Garut. Namun untuk urusan keindahan alam, Pantai Puncak Guha bisa melebihi pantai lainnya. Sayang, pantainya tidak bisa diojayan lantaran pantainya cukup terjal dan dipenuhi batu karang.

Lokasi Pantai Puncak Guha tidak jauh dari Pantai Rancabuaya jaraknya kurang lebih 2 km arah ke Pantai Santolo. Untuk mencapai pantai ini tak sulit, selain di pinggir jalan lokasinya agak sedikit berada di dataran tinggi. Jalannya lumayan cukup menanjak dengan tanah merah dengan pinggir kiri kanan ditumbuhi rumput yang mulai menguning terpapar sinar matahari. Setelah beberapa meter, nampak pintu gerbang kusam terbuat dari beberapa batang bambu. Di bagian atas gerbang tertulis "Selamat Datang di Puncak Guha". Pantai ini mulai banyak dikunjungi setelah ter-ekspose dalam novel perahu kertas karya salah satu novelis indonesia , Dewi Lestari ( Dee ) . Pantai ini terletak dekat sekali dengan pantai Rancabuaya , sehinga bisa anda jadikan satu paket perjalanan saat berkunjung kesana.

Konon, Puncak Guha ditemukan sejak tahun 1990-an. Namun belum terekspos luas, sehingga kurang kepedulian pemerintah Kabupaten Garut. Walaupun ada sejumlah bangunan saung tembok dan pagar, namun kondisinya sudah memprihatinkan. Bahkan akses menuju ke Puncak Guha belum mendapat sentuhan pemerintah untuk dibuatkan jalan aspal sampai ke Puncak Guha dari jalan Raya Lintas Jabar Selatan.

Pariwisatakabgarut.com
Rute menuju pantai ini antara lain.
Rute Bandung – Pangalengan – Rancabuaya – Puncak Guha . Jalur ini lebih disarankan karena sudah mulus . Kondisi jalan rusak / dalam perbaikan di beberapa tempat saja .
Rute Garut – Cikajang – Pameungpeuk – Rancabuaya . Pantai Puncak Guha terletak sekitar 2 kilometer sebelum Rancabuaya.

Selain itu juga banyak terdapat jalur alternatif, namun biasanya dengan kondisi jalan yang kurang bersahabat. Sebagai catatan, jalur dari pantai Santolo Pameungpeuk sampai ke rancabuaya saat artikel ini dibuat sedang dalam proses perbaikan sehingga banyak area jalan yang rusak dan cukup sulit di lalui.

0 komentar:

 
Top