Garut yang terletak di Selatan Jawa Barat ini tidak hanya terkenal karena dodolnya saja lho! Daerah ini juga menyimpan banyak keindahan yang belum banyak dieksplorasi termasuk Gunung Sadahurip yang berbentuk piramida sempurna. Selain itu, salah satu aktor legendaris dunia, Charlie Chaplin, ternyata juga pernah menginjakkan kakinya di sini!. Tapi Masih Banyak Lagi alasan kenapa garut pengen banget kamu singgahi. Mau apa aja?


1. Charrlie Chaplin Aja Ke Garut.


Seperti dimuat di Kompas.com, Charlie Chaplin ternyata pernah singgah di Garut, Jawa Barat bertahun-tahun lalu saat dirinya sakit dan dirawat di sanatorium yang ada di Garut. Pada kunjungan pertama, Chaplin ditemani aktris Kanada pemenang Oscar, Mary Pickford. Sementara pada kunjungan kedua, dia ditemani sang istri, Paulette Goddard, pemeran utama perempuan dalam film Modern Times dan The Great Dictator 2. Tuh Artis super terkenal juga ke garut, masa kita tidak?

2. Garut adalah “Switzerland van Java”


Menurut I Love Garut, julukan ‘Garut Swiss van Java’ atau Swissnya Jawa mulai popular sekitar awal abad ke-20. Saat itu, Garut dikenal sebagai tujuan wisata yang paling menarik di dunia. Banyak orang besar datang ke Garut untuk berlibur. Hotel-hotel mewah didirikan, tempat-tempat wisata dikelola dan dikembangkan dengan baik. Buku-buku petunjung (guide) perjalanan dicetak dengan mewah dan agen-agen traveling giat mempromosikan usahanya.

Di depan stasiun Garut, juga didirikan “Tourist Bureau” untuk melayani para pelancong. Garut juga memiliki panorama alam yang keindahannya tak kalah mengagumkan. Pemandangan pegunungan terhampar luas di Garut. Udaranya sejuk, serta suasana kota yang asri semakin menambah kenyamanan Kota ini.

Garut yang permai, digambarkan dalam Encyclopedie van Nederlands-Indie (Ensiklopedia Hindia-Belanda) terbitan tahun 1917, “….Garut adalah salah satu tempat terindah di Jawa dengan iklim nyaman (tinggi 700m) dengan lingkungan yang sangat indah, tempat pesiar yang sangat disukai orang Batavia yang banyak datang di musim kemarau….”

3. Ada Gunung Unik


Gunung Sadaruhip menarik perhatian masyarakat dan arkeolog karena bentuknya yang menyerupai piramida, bahkan ada dugaan kalau dibalik gunung ini ada piramida yang lebih tua dari piramida yang terdapat di Mesir. Jadi Kalau traveling ke Garut mampir juga kesini.

4. Garut adalah 1 dari 4 tempat di Indonesia dimana bisa menikmati indahnya bunga Edelweis

Para pendaki gunung pasti akrab dengan edelweis yang “dipegang boleh, dipetik jangan”. Di Garut, wisatawan bisa menikmati indahnya edelweis di Gunung Papandayan, tepatnya di Tegal Alun yag merupakan padang edelweis yang terluas di Papandayan dengan luas hampir 80 hektar.
Selain Gunung Papandayan, edelweis hanya bisa anda temukan di 3 tempat lainnya di Indonesia, yaitu Gunung Rinjani, Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

5. Karena Mau Beli Domba Bagus


Domba Garut sangat istimewa karena penampakannnya yang lebih gagah dibanding domba lainnya. Menurut I Love Garut, Domba Garut merupakan campuran perkimpoian dari domba lokal dengan domba jenis capstaad dari Afrika Selatan dan domba merino dari Autralia. Dari ketiga jenis domba itulah maka lahir varietas baru yang kemudian disebut Domba Garut.

Penampilannya – dalam bahasa Sunda disebut tagog – begitu gagah dan penuh keberanian, namun tetap kalem dan berwibawa. Tidak heran jika Domba Garut lebih banyak dimanfaatkan untuk hobi atau domba adu, dari pada menjadi ternak peliharaan biasa. Harga domba Garut bisa mencapai ratusan juta rupiah.

6. Banyak Pantai Indah


Karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Garut memiliki 10 pantai indah yaitu Pantai Cijeruk Indah, PantaiKarang Paranje, Pantai Sayang Heulang, Pantai Santolo, Pantai Karang Papak, Pantai Gunung Geder, Pantai Manalusu , Pantai Cicalobak, Puncak Guha, dan Pantai Rancabuaya. Banyak ya?

7. Ada Resort romantis Kampung Sampireun


Di Kampung Sampireun, panca indera dibawa menikmati pengalaman tak terlupakan di atas danau yang berada pada ketinggian 1000 mdpl. Meskipun awalnya anda harus menghabiskan waktu 6 jam dari Jakarta untuk mencapainya, memilih Kampung Sampireun adalah keputusan yang tak akan anda sesali. banyak orang yang bulan madu dan ngelangsungin pernikahan disini.

8. Karena Cewenya Cantik dan Ramah


9. Karena Ada Spot Pendakian Yang Bagus


Biasanya buat orang yang didaerah jawabarat yang disekitarnya, kalau nyari temapat pendakian yang bagus ya di Gunung PapandayanGarut, selain ga ribet juga pemandangan selama pendakian oke banget

sumber : http://blog.8share.com/id/7-fakta-yang-perlu-diketahui-tentang-garut/

0 komentar:

 
Top